Lowongan CPNS IKN untuk 250 Ribu Fresh Graduate Dibuka Maret 2024

Persyaratan, Cara Daftar, dan Tips Sukses Lolos Seleksi CPNS IKN 2024

loker cpns IKN
IKN dan wanita indonesia berkerudung memakai kacamata yang sedang melamar pekerjaan CPNS

Lowongan CPNS IKN untuk 250 Ribu Fresh Graduate Dibuka Maret 2024

Apakah Anda seorang fresh graduate yang ingin berkarier di pemerintahan? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini. Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) akan membuka lowongan CPNS IKN untuk 250 ribu fresh graduate pada Maret 2024. Lowongan ini merupakan bagian dari rencana pembangunan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia yang berlokasi di Kalimantan Timur. Berikut adalah informasi lengkap mengenai lowongan CPNS IKN, mulai dari persyaratan, cara pendaftaran, hingga proses seleksinya.

Persyaratan

Sebelum Anda mendaftar, pastikan Anda memenuhi persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan oleh Otorita IKN. Persyaratan umum meliputi:

  • – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon atau anggota legislatif, atau pengurus partai politik.
  • Memiliki integritas, komitmen, dan loyalitas terhadap NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah IKN.

Posisi yang Anda lamar menentukan persyaratan khusus yang berbeda-beda. Secara umum, Anda harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal sarjana (S1) atau diploma (D4) dari program studi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Anda juga harus memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi negeri dan 3,00 untuk lulusan perguruan tinggi swasta. Selain itu, Dalam Lowongan CPNS IKN ini Anda juga harus memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Anda dapat melihat persyaratan khusus untuk setiap posisi di laman resmi ikn.go.id[1].

Cara Pendaftaran Lowongan CPNS IKN

Jika Anda sudah memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan, maka Anda dapat mendaftar secara online melalui laman resmi ikn.go.id[^1^][1]. Berikut adalah langkah-langkah pendaftarannya:

  • Kunjungi laman ikn.go.id dan klik menu “Karier”.
  • Pilih posisi yang Anda inginkan dan baca informasi detail mengenai persyaratan, tugas, dan tanggung jawabnya.
  • Klik tombol “Daftar” dan isi formulir pendaftaran dengan data diri, pendidikan, dan pengalaman kerja Anda.
  • Unggah dokumen pendukung yang diminta, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat kompetensi, KTP, pas foto, dan surat pernyataan.
  • Pastikan data dan dokumen yang Anda masukkan benar dan lengkap, kemudian klik tombol “Kirim”.
  • Anda akan menerima email konfirmasi bahwa pendaftaran Anda telah berhasil.
  • Simpan nomor pendaftaran dan password yang Anda dapatkan untuk login ke sistem informasi seleksi CPNS IKN.

Proses Seleksi

Setelah Anda mendaftar, Anda akan mengikuti proses seleksi yang terdiri dari beberapa tahap dari Lowongan CPNS IKN, yaitu:

  • Seleksi administrasi, yaitu pengecekan kelengkapan dan kebenaran data dan dokumen yang Anda unggah. Hanya pelamar yang lolos seleksi administrasi yang dapat mengikuti tahap selanjutnya.
  • Seleksi kompetensi dasar (SKD), yaitu tes tertulis yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Anda harus memperoleh nilai minimal passing grade yang ditentukan untuk setiap tes.
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB), yaitu tes tertulis atau praktik yang sesuai dengan bidang tugas dan fungsi posisi yang Anda lamar. Tes ini dapat berupa tes potensi akademik (TPA), tes bahasa asing, tes keterampilan, tes psikologi, atau tes lainnya. Anda harus memperoleh nilai minimal passing grade yang ditentukan untuk setiap tes.
  • Wawancara, yaitu tahap akhir yang bertujuan untuk mengukur kemampuan, motivasi, dan kesiapan Anda untuk bekerja di IKN. Anda akan diwawancarai oleh tim seleksi yang terdiri dari pejabat Otorita IKN dan pakar dari bidang terkait. Anda harus menunjukkan sikap profesional, percaya diri, dan antusias selama wawancara.

Tips Sukses Lolos Lowongan CPNS IKN

Untuk dapat lolos seleksi dan menjadi bagian dari tim pembangunan IKN, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Pelajari visi, misi, dan nilai-nilai Otorita IKN, serta rencana dan program pembangunan IKN. Anda dapat menemukan informasi ini di laman resmi ikn.go.id[^1^][1] atau media sosial resmi IKN (ikn_id/IKN Indonesia).
  • Pahami persyaratan, tugas, dan tanggung jawab posisi yang Anda lamar. Anda dapat membaca deskripsi posisi di laman ikn.go.id[^1^][1] atau menghubungi kontak yang tersedia untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas.
  • Latih kemampuan Anda untuk mengikuti tes CAT, terutama untuk SKD. Anda dapat mencari bahan belajar dan latihan soal di internet atau buku-buku yang tersedia di toko buku. Anda juga dapat mengikuti try out atau simulasi tes CAT yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga bimbingan belajar atau komunitas-komunitas CPNS.

Baca juga : Lowongan Kerja BCA untuk Lulusan Baru posisi Management Development Program (MDP), Ini Persyaratannya

  • Siapkan dokumen pendukung yang lengkap dan valid. Anda harus memastikan bahwa dokumen yang Anda unggah sesuai dengan format, ukuran, dan kualitas yang ditentukan. Anda juga harus menyimpan dokumen asli atau fotokopi yang dilegalisir untuk keperluan verifikasi nantinya.
  • Jaga kesehatan dan stamina Anda. Anda harus menjaga pola makan, istirahat, dan olahraga yang seimbang agar tubuh dan pikiran Anda tetap fit. Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi dan mood Anda, seperti stres, konflik, atau masalah pribadi.

Itulah informasi lengkap mengenai lowongan CPNS IKN untuk 250 ribu fresh graduate yang dibuka Maret 2024. Jangan sampai ketinggalan kesempatan ini, segera daftarkan diri Anda dan persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Semoga Anda berhasil menjadi salah satu CPNS IKN yang akan berkontribusi untuk pembangunan ibu kota baru Indonesia. Selamat berjuang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *